4 Cara Memilih Aplikasi Absensi Karyawan untuk PerusahaanCloud Computing4 Cara Memilih Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan

4 Cara Memilih Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan

Cara Memilih Aplikasi Absensi Karyawan

Disaat pandemi seperti ini, banyak perusahaan masih menjalankan work from home atau bekerja dari rumah. Akibat kebiasaan baru ini, kegiatan controlling karyawan juga menjadi lebih susah jika tidak segera mengikuti perkembangan yang ada. Salah satunya kegiatan absensi. Biasanya karyawan melakukan absensi langsung dari lokasi kantor dengan menggunakan fingerprint atau metode absensi lainnya. Namun saat ini banyak pilihan absensi online yang dapat menjadi pilihan Anda sebagai absensi karyawan.

Cara Memilih Aplikasi Absensi Karyawan

Berikut beberapa cara memilih aplikasi absensi karyawan :

1. Pilih Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Kenali terlebih dahulu kebutuhan perusahaan saat ini, berbeda kebutuhan, berbeda pula cara absensinya. Untuk memudahkannya,  jawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Hal pertama yang perlu Anda ketahui yakni apa tujuan Anda membeli mesin absensi. Apakah hanya digunakan untuk mencatat daftar absensi saja? Atau Anda juga ingin menghitung daftar absensi karyawan secara detail?
  • Berapa jumlah karyawan Anda? Terdapat beberapa pilihan kapasitas absensi yang dapat Anda pilih sesuai jumlah karyawan Anda.

2. Perhatikan Fitur – Fitur Yang Diberikan

Anda juga perlu memperhatikan apakah mesin absensi yang Anda beli menawarkan fitur cloud, sehingga bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dapat tetap memantau laporan absensi karyawan dimana saja dan kapan saja.

Fitur lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah integrasi software payroll. Apakah mesin absensi yang ingin Anda beli terintegrasi dengan software penggajian atau tidak. Dengan adanya koneksi ke proses payroll tentu akan memudahkan perhitungan gaji karyawan secara otomatis berdasarkan daftar hadir.

3. Sesuaikan Dengan Anggaran Perusahaan

Sangat banyak penyelia absensi di pasaran, tapi tidak semuanya memberikan harga yang terbaik sesuai keinginan Anda.

4. Pelayanan After Sales

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan mesin absensi yang Anda pilih dilengkapi layanan after sales terbaik. Sebab, mesin absensi bukanlah inventaris biasa yang sekali pasang langsung selesai. Perusahaan perlu dibekali training, instalasi dari tim teknisi, dan juga layanan maintenance ketika mesin absensi tidak dapat digunakan.

Saat ini GMEDIA memiliki layanan aplikasi absensi online yang bisa menjadi pilihan Anda. Dengan harga yang relatif murah dan didukung dengan pelayanan after sales yang memuaskan, GMEDIA akan memberikan pelayanan yang maksimal bagi Anda. Saat ini pula GMEDIA memiliki perangkat absensi dan pengecekan suhu yang memudahkan Anda dalam pelaksanaan protokol kesehatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2025 PT Media Sarana Data. All rights reserved.